Senin, 13 Juni 2011

SOURCE CODE, LIMITLESS, PRINCE OF PERSIA DAN KOTAK PANDORA EINSTEIN (1)


ini pagi yang sungguh aku ingin melipat waktu,sebab makin gerah aku dengan teka-teki. Kata enstein, mungkin masa lalu, masa kini dan yang akan depan, datang berhimpitan. Dan dengan kata lain segala sesuatu di dalam alam semesta masa lalu, masa kini dan masa datang tersambung dengan segala sesuatu lainnya, dalam sebuah jejaring radiasi elektromagnetik yang melihat segala sesuatu pada saat yang bersamaan.

Ini rumit, tapi bukan tidak mungkin untuk memahaminya. Keimanan telah mengantarkan kita beberapa kisah, naiknya Nabi Muhammad SAW ke langit ketujuh dalam peristiwa isra miraz, Nabi Uzair AS yang dilahirkan kembali setelah kematiannya dan Nabi Isa AS yang diangkat kelangit. Atau kisah-kisah kontemporer seperti david copervil yang menembus tembok cina dan memindahkan patung liberty. Bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi ? dan bagaimana memahaminya ?.

Memahaminya adalah dengan Kalau kita sedang naik motor dengan kecepatan 70 km/jam dan motor yang searah dengan kita berjalan dengan kecepatan 80 km/jam, maka kita akan mengamatinya dengan kecepatan 10 km/jam. Dan klo kita brgerak dengan kecepatan yang sama (70 km/jam) maka kecepatan motor yang diamati adalah nol atau tidak bergerak. Kalau kita akan pindahkan pada kecepatan cahaya, kalau kita mampu bergerak pada kecepatan cahaya 299,792 km/detik maka waktu akan berhenti sama sekali dalam hal ini cahaya sama dengan waktu. Dan apa yang akan terjadi, kita akan menyaksikan takdir dari jagat raya _itu sebabnya tak satupun mahluk yang dapat bergerak sama dengan kecepatan cahaya_.

Lalu apakah yang menjelaskan peristiwa isra miraj, kematian nabi Uzair dan diangkatnya nabi Isa. sebuah perjalan dengan menggunakan kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya sehingga memperkecil waktu dan memperpendek ruang. Jawabanya mungkin ya.

Dengan bergerak mendekati kecepatan cahaya maka, pertama terjadi Kontraksi. Seseorang yang melihat kita, akan melihat kita mengecil. Dan kemudian menghilang dari pengamatan indra. Einstein yang menerangkan bahwa ketika sebuah benda bertambah kecepatan nya, mendekati kecepatan cahaya, panjang fisiknya berkurang, dan massanya bertambah. Kedua Melambatnya Waktu atau dilasi (dilation),an lagi, ini terjadi pada semua orang Artinya semua orang yang melihat kita akan melihat bahwa waktu akan berjalan lebih lambat untuk kita: arloji kita berjalan lebih lambat, umur kita melambat, detak jantung kita melambat, dst. Tapi kita juga melihat hal yang sama, umur orang-orang itu melambat.

Lebih lanjut mari kita nonton dulu film, source code, limitless, dan prince of persia. Bagaimana waktu dilipat ? dan bagaimana cara kita melipatnya ?

2 komentar:

El_Herik mengatakan...

Menarik,.

El_Herik mengatakan...

menarik untuk dipelajari